Kami adalah

Senin, 18 Juli 2011

Sejarah Banten Girang dan Bukti-Bukti Peninggalannya

Diposkan oleh Griffstone on Jumat, 29 April 2011 Label: history

http://ajiraksa.blogspot.com/2011/04/sejarah-banten-girang-dan-bukti-bukti.html


SITUS BEKAS KERAJAAN BANTEN GIRANG

Berkaitan dengan berdirinya kerajaan Banten Girang F.D.K. Bocsh mengkaitkannya dengan prasasti kebon kopi II yang ditemukan di Bogor. Bosch menapsirkan angkat tahun prasasti kebon kopi II berdasarkan (andrasangkala) yaitu tahun 932 M. (85.4 saka) berhubungan dengan situs Banten Girang yang terletak di kampung Balaya, desa Sempu Kota Serang. Informasi tentang Banten Girang yang berfungsi sebagai situs pemukiman atau perkotaan dapat dilihat dalam babad Banten. Dalam babad tersebut diceritakan bahwa penaklukkan seluruh wilayah Banten oleh bala tentara Islam diceritakan sebagai perebutan kota Banten Girang.

Informasi dalam babad Banten Syalam dengan hasil penelitian bahwa di situs Banten Girang merupakan situs pemukiman dalam skala kota pra industri, untuk keperluan pertahanan tersebut dikelilingi benteng yang terbuat dari tanah baik pada sisi dalam maupun luar tanggul. Penggunaan tanggul tanah sebagai benteng sudah dikenal sejak masa pra sejarah akhir kemudian masa Hindu-Budha dan berlanjut pada kota-kota kuno masa Islam.

Situs Banten Girang yang menjadi pusat kota kerajaan diduga terdapat hubungan dengan Gunung Pulosari sebagai gunung yang sakral, kaitan keagamaan di Banten Girang dengan Gunung Pulosari, yaitu ketika Sunan Gunung Jati dan Hasanuddin kemudian melanjutkan perjalanan hingga ke Gunung Pulosari yang menjadi tujuan utama mereka. Menurut Sunan Gunung Jati, gunung merupakan wilayah Brahmana kendali, di atas gunung itu hidup 800 ajar-ajar (pendeta) yang di pimpin oleh Prabu Pucuk Umun.

Hasanuddin tinggal bersama mereka selama 10 tahun lebih, ketika Hasanuddin mengislamkan para pendeta. Maka pendeta hidup menetap di Gunung Pulosari, sebab jika tempat itu kosong akan menjadi tanda berakhirnya Tanah Jawa. Dalam Babad Banten diceritakan pula bahwa setelah kemenangan Hasanuddin yang tidak mau masuk Islam memberikan diri ke pegunungan selatan yang sampai sekarang dihuni oleh keturunan mereka yaitu orang Baduy. Kegiatan ini didukung oleh kebiasaan orang Baduy, kenyataan ini didukung oleh kebiasaan orang Baduy berziarah ke Banten Girang.

Pada pertengahan 1990-an ditemukan sebuah arca dwarapala di sungai Cibanten tidak jauh dengan situs Banten Girang. Ini menunjukkan Banten Girang masih menyimpan banyak pertanyaan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Sebagaimana dalam catatan sejarah bahwa sungai Cibanten dahulu kala berfungsi sebagai jalur transformasi yang menghubungkan wilayah pesisir dari Faletahan.

a. Latar Belakang Berdirinya Situs Banten Girang

Banten Girang merupakan awal kerajaan Banten yang sebelumnya mendapat kebelakangan nama pada saat itu yaitu kerajaan Sunda Wahanten. Pendiri kerjaan ini ialah Prabu Jaya Bupati yang disebut juga Prabu Saka Domas. Prabu Jaya Bupati berasal dari keturunan kerajaan Mataram pada zaman Hindu, yang tidak mendapat kesempatan untuk mengabdi dikerajaan Mataram Kuno. Prabu Jaya Bupati mendirikan kerajaan Sunda di Banten Girang pada tahun 932 sampai tahun 1016, dengan luas wilayah kekuasaan meliputi Jawa Barat dengan perbatasannya Cipamali. Pada saat itu disebut kerajaan Tatar Sunda, dengan keadaan yang subur makmur, sehingga dapat menjalin hubungan dengan kerajaan di Jawa.

Pada tahun 1016 Prabu Jaya Bupati memindahkan pusat pemerintahannya ke daerah Cilaceh Sukabumi karena khawatir akan adanya penyerbuan yang akan dilancarkan oleh kerajaan Sriwijaya terhadap kerajaan Tatar Sunda di Banten Girang, mengingat usia Prabu Jaya Bupati yang sudah tua pada saat itu, ketika Prabu Jaya Bupati berada di pengungsian berhasil mendirikan kerajaan Surawisesa. Pada tahun 1357 kerajaan Surawisesa di pegang oleh Prabu Baduga Sir Maharaja, keraton Surawisesa disebut kerajaan Pajajaran.

b. Masa Kerajaan Sunda Pajajaran

Penamaan Pajaran untuk kerajaan Sunda, sesungguhnya berasal dari penamaan keraton Sri Bama – Punta – Naryana – Madura – Suradipati yang bentuknya sebangun dan berjajar oleh karena keraton tersebut berada di kota Pakuan masyarakat sering menyebutkan Pakuan pajajaran. Berdasarkan cerita pantun dan babab, kerajaan Sunda lebih di kenal dengan sebutkan pajajaran, sedangkan berdasarkan sumber-sumber Portugis, nama resmi kenegaraan tetap menggunakan sebutan kerajaan Sunda.

c. Sri Baduga Maharaja

Sri baduga Maharaja mempunyai seorang putra yang dijadikannya sebagai penerus tahta kerajaan, karena putra Sri Baduga masih kecil, mata akhirnya kerajaan tersebut di pimpinan oleh Praih Bunisora pada tahun 1352-1371. Namun, setelah putra Sri Baduga Maharaja sudah cukup usia, kerajaan tersebut akhirnya dipimpin oleh putra raja Baduga pada tahun 1371, yang bernama Nuskala waktu kencana, dan akhirnya dengan pertimbangan Raja Niskala Wastu Kencana, kerajaan Suwawisesa di pendidikan di Galuh, yang disebut kerajaan Galuh Pakuan, kemudian digantikan oleh Putra raja yang bernama Taba’an karena raja taba’an menikah dengan orang Islam, maka tokoh-tokoh masyarakat kerajaan Sunda Galuh Pakuan hampir semua kecewa atas perilaku keluhurnya, sehingga digantikan oleh Prabu Jaya Dewata atau disebut juga Prabu Pucuk Umum.

Peristiwa perbuatannya di Pakuan sekaligus menjadikan Jaya Dewata seorang Maharaja, karena kekuasaan pemerintahannya meliputi kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Peristiwa tersebut sesuai dengan isi prasasti Batu tulis kota Bogor. Prasasti batu tulis kota Bogor, dibuat oleh Ratu Sanghiyang Surawisesa pada tahun 1533 M. Pembuatan prasasti tersebut dilakukan dengan upacara penyempurnaan Sukma untuk mengenang jasa-jasa dan kebesaran ayahnya. Sri Baduga Maharaja, upacara semacam itu hanya dilakukan untuk raja-raja tertentu, jika seorang raja wafat kemudian setelah 12 tahun masyarakat masih menceritakan jasa-jasanya.

d. Sikap Terhadap Muslim

Sebelum Sri Baduga Maharaja lahir dikerajaan Sunda sudah ada penganut agama Islam, tokoh tersebut adalah Bratalegawa Putera Mangkubumi Bunisora Suradipati. Bratalegawa adalah adik Curidewata alias Ki Gedeng Kasmaya, raja Cirebon Cairung, Bratalegawa lahir tahun 1350 M. Bratalegewa menikah dengan wanita masuk dari Gujarat. Walaupun berbeda agama ia tetap hidup rukun dengan saudara-saudaranya.

Berdasarkan Koprak 406 carita Paranghiyangan, setelah Sri Baduga Maharaja wafat, ada 5 orang saja pendiri tahta kerajaan Pajajaran, antara lain:

1. Prabu Sanghiyang Surawisesa (1521 – 1635 M)

2. Ratu Dewatabuana (1535 – 1543 M)

3. Ratu Sakti (1543 – 15551 M)

4. Prabu Raga Mulya Suryakencana atau Prabu Pucuk Umum Pulosari (1537 – 1579 M).

Setelah kerajaan Galuh Pakuan (Pajajaran) dipundah ke Banten Girang bekas kerajaan Sunda tertua. Pada suatu saat, ajar yang sebagai Patih kerajaan Dewata agar adiknya yang bernama Ajarju untuk diangkat menjadi tumenggung, karena melihat adiknya yang cukup lama mengabdi kepada rajanya Prabu Jaya Girang, yang dinamakan Pajajaran Banten dibantu oleh wakil putihnya putihnya yang bernama Ajar Ju.

Pada suatu ketika terjadi konflik intern didalam kerajaan, sehingga Ajarjong keluar dari kerajaan Pajajaran Banten, kemudian Ajar Jong pergi mengabdi dikerajaan Islam Jawa Demak, sehingga mengenal orang-orang penting dikerajaan Islam Demak. Diantara Sultan Trenggono dan Syariat hidayatulah untuk menguasai kerajaan pengajaran Banten untuk menjadi penganut agama Islam.

a. Bukti-bukti Peninggalan Kerajaan Banten Girang

Di Banten Girang banyak sekali atau benda-benda yang bersejarah, seperti pecahan gerabah dan keramik yang berasal dari dalam dan luar negeri, pecahan tembikar seberat 318,12 kg. Pada umumnya wadah tembikar yang ditemukan di situs Banten Girang yang dipakai untuk keperluan sehari-hari yang pertama yang digunakan untuk menyimpan dan memasak bahan makanan dan yang kedua untuk menimba dan menyimpan air, sedangkan fungsi yang ketika untuk menyajikan makanan dan minuman serta fungsi yang keempat untuk wadah penerangan lampu.

Kesaksian Pande Emas :

Ketika tim ekskavasi arteolog Peranci dan Indonesia melakukan penelitian disitus Banten GIrang juga banyak ditemukan benda-benda yang terbuat dari logam. Menurut Claude Guillot hanya tua benda dari emas ditemukan dalam penggalian di situs tersebut, yang pertama berupa potongan perhiasan emas, berukuran sangat kecil dengan berat 0,5 mg, hingga tak mungkin bisa diidentifikasi. Sedangkan yang kedua jauh lebih menarik yaitu bagian dari perhiasan berukuran 6 x 12 mm, berupa cakar burung dan Viagra bermata empat yang memegang sebuah batu kuarsa bundar yang dilubangi.

Dilokasi situs purbakala Banten Girang juga ditemukan sebuah cincin perunggu dengan batu mulia warna pirus dengan bekas-bekas lapisan emas. Disana juga terdapat kapak batu, batu asahan, kepingan, gerabah, golok, artepak batu, keramik lokal, keramik asing, seperti Tang (abad IX – XI), Song (XI – XII, keramik Yuan (XIII – XIV), Jepang, Thailang, Vietnam (XVII – XVIII) dan beberapa naskah Al-Qur’an tulisan tangan. Para analog yang melakukan penelitian di Banten Girang tahun 1989 – 1992 banyak menemukan benda purbakala berupa manik-manik jumlah manik-manik yang ditemukan pada waktu itu mencapai 795 buah dalam kondisi baik dan utuh.

Punden Berundak di Banten Girang

Dengan ditemukannya punden beundak di Banten Girang berarti jauh sebelum berdirinya sebuah kerajaan besar di situs Banten Girang sudah ada pemukiman penduduk yang menganut kepercayaan mengalith disana. Boleh jadi situs Banten Girang merupakan sebuah peninggalan purbakala yang berkelanjutan, mulai zaman pra sejarah, Hindu, Budha sampai masa Islam. Sebagai bukti situs tersebut pernah dihuni masyarakat yang menyembah arwah nenek moyang, dilokasi itu ditemukan pula beberapa batu besar yang memiliki arti penting. Diantaranya yang disebut sebagai batu dekan, batu datar yang disimpan di makam keramat di Masjong dan Agus Jo, Banten Girang.

Punden berundak itu berada tak jauh dari tepi sungai Cibanten yang konon pada zaman dahulu bisa dilayari sepanjang dari teluk Banten sampai ke Banten Girang. Tinggi punden berundak itu sekitar 5 meter dari permukaan tanah, bila dipandang dari dasar sungai yang cukup tinggi. Di Banten Girang juga terdapat sebuah gua yang didalamnya terdapat tiga ruang kamar, gua tersebut merupakan tempat Prabu Pucuk umum bersemedi.

Kerajaan Sunda apabila diserang oleh kerajaan atau kerjaan lainnya, dan ke empat sebagai tanda persahabatan antara kerajaan Sunda dan Portugis. Raja Sunda akan menghadiahkan seribu karung lada setiap tahunnya kepada raja Portugis sejak pembangunan benteng di mulai. Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh ratu Samiam (Prabu Suwasesa) dan Henriqve de Leme, ketika sedang melakukan perundingan Ratu Samiam didampingi pembantu utamanya yaitu santri Dalam, Tumenggung Sang Adipati, dan Syahbandar.

Sementara mengharapkan bantuan Portugis yang tidak kunjung datang Sirawisesa terpaksa berperang sendiri melawan pasukan Muslim, keadaan terus berperang juga dialami oleh raja penggantinya, Ratu Dewata, karena kalah perang ia kemudian meninggalkan ibu kota. Karena melihat keberadaan perekonomian Sunda Banten yang kurang menguntungkan maka bersama Sabakingking Mas Jong dengan Agus Jo situs ini dari gundukan tanah sekitar 500 M di sekitar makam, yang ternyata dibawah permukaannya terdapat batu berundak dan dibawah batu berundak itulah terdapat dua ceruk di tebing cadas sebelah timur cibanten, apabilamerundingkan untuk memindahkan pusat pemerintahan Banten Girang ke Banten Pesisir, karena sudah tidak ada fungsinya lagi.

Pada 1 Muharam bertepatan pada tanggal 8 Oktober 1526 pusat pemerintahan Banten Girang dipindah ke Surosawon (Banten Pesisir). Maka pada saat itulah Sabakingking mendapat julukan sebagai Sultan Banten dan mendapat gelar dari orang Arab sebagai Sultan Maulana Hasanuddin. Pada saat terjadi penyerangan Banten Girang di ganti namanya oleh orang Belanda menjadi Tirtalaya.

Di Banten Girang ini terdapat gua yang didalamnya terdapat tiga ruang kamar, tempat ini merupakan tempat raja Pucuk Umun bersemedi, dan banyak sekali temuan-temuan atau benda-benda yang bersejarah seperti gerabah, keramik, benda-benda logam, mata uang, batu-batuan arkeologi dan artefak.

Dalam penelitian Ambari (1985), dilihat dari type nisan dan artepak kijing yang dipakai dalam makam kuno Kijong dan menjadi Banten Girang, maka dalam tipologi nisan makam islam dimasukan kelompok type Demak dan Troloyo. Selanjutnya, montana pada tahun (1988:71) mencatat kekunoan dilihat dari typoligi ceruk-ceruk atau gua yang ada di sana, paling tidak Banten Girang telah muncul pada sekitar abad XI-XII (Guillot, 1990:12) lebih menarik lagi,dari data babad banten girang fungsikan pada masa pemeritahan sultan ageng tirtayasa ( abad XVII), dimana pada waktu masa tertentu sultan berwisata dengan kgiatan memancing ikan ditempat itu . Dan menurut keterangan caef,ditempat ini sultan tirtayasa menyuruh membuatkan sebuah istana sebagai tempat mengungsi kaum w anita di masa perang pajajadin ingrat,1983:1245

Dari penilitian arkelogis 1989,1990,1991 dan 1992 Lukman nurhakim (1992) berbagai mengungkapkan berbagai aspek pentung dari banten girang.tempat situs pemikiran dalam sekala kota pra –industri yang dikelilingi bnteng dari tanah,baik dari sisi luar maupun dari sisi dalam tanggul .untuk keperluan pertahanan.tanggul tanah sebagai benteng di dalam banteng girang,sebagai mana halnya di situs-situs lain,sudah dikenal luas pada pra sejarah awal dan kelasik yang kemudian berlanjut pada kota-kota yang kuno pada priode islam ;seperti di punggung raharjo (bandung),pasir angin (bogor),aceh,barus,(sumatra utara),rao (sumatra barat),muara takus (lumanjang),dan surosoan (banten,serang)

Dari hasil eksavasi di ketahui bahwa situs banten girang berfungsi sebagai:

a. Pusat pemukiman terlihat dari banyaknya sebaran artefak,teknapak dan sosiospak.

b. Pusat upacara adanya gua persemedian/pemujaan’dan

c. Benteng untuk melindungi keduanya

Selanjutnya Lukman Hakim memandang adanya fase-fase kehidupan di Banten Girang yang meliputi :

1) Fase I : Fase subordinasi Pakuan-Pajajaran dimana gua dijadikan pusat upacara keagamaan bercorak Hiduistik (Hindu – Budha);

2) Fase II : Fase pendudukan/administrasi politik Islam masa Maulana Hasanuddin;

3) Fase III : Fase surutnya Banten Girang karena pusat administrasi politik dipindahkan ke Banten lama di pesisir, tetapi Banten Girang masih tetap digunakan bahkan sampai masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa (1652 – 1671), sultan Banten kelima.

4) Fase IV : Fase akhir, ketika Banten Lama sudah diancurkan oleh Daendels pada tahun 1815, dimana diduga frekuensi penggunaan Banten Girang semakin menurun.

5) Fase resen, okupasi lanjut oleh penduduk Banten Girang masa sekarang yang digunakan untuk lahan pertanian dan lahan pemukiman.

Melalui perbandingan dengan berbagai bentuk fisik benteng di berbagai tempat, Halyany Michrob (1991) berpendapat bahwa atas dasar penemuan keramik masa Dinasti Han (206 SM – 220 M) dan struktur berundah di atas gua dan lingkungan benteng, amat boleh jadi okupasi Banten Girang sudah berlangsung lama sekali, bahkan sejak ketika berlangsung masa kehidupan prasejarah dan proto sejarah.

Dengan ditemukannya Prasasti Munjul, yang terletak di tengah sungai Cindangiang, Lebak Munjul, Pandeglang, berita tentang Banten dapat lebih diperjelas lagi. Prasasti ini, yang diperkirakan berasal dari abad V, bertuliskan huruf Pallawa dengan bahasa Sanskerta menyatakan bahwa raja yang berkuasa di daerah ini adalah Purnawarman. Ini berarti bahwa daerah kuasa Tarumanegara sampai juga ke Banten, dan diceritakan pula bahwa negara pada masa itu dalam kemakmuran dan kejayaan.

Berita atau sumber-sumber sejarah mengenai Banten dari masa sebelum abad ke-16 memang sangat sedikit kita temukan. Tapi setidak-tidaknya pada abad XII-VX, Banten sudah menjadi pelabuhan kerajaan Pajajaran. Untuk selanjutnya keadaan Banten dari abad VII sampai dengan abad XII tidak ditemukan berita sejarah yang meyakinkan. Demikian juga, tidak diketahui siapakah penguasaan daerah Banten waktu itu, padahal benda-benda peninggalan dari masa itu sudah banyak ditemukan.

Berita tentang Banten baru muncul kembali pada awal abad XVI dengan diketemukannya prasasti di Bogor. Prasasti ini menyatakan bahwa Pakuan Pajajaran didirikan oleh Sri Sang Ratu Dewata, dan Banten sampai awal abad XVI termasuk daerah kekuasaannya (Ambary, 1980 : 447). Memang, Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan besar, yang daerah kuasanya meliputi seluruh Banten, Kelapa (Jakarta), Bogor, sampai Cirebon, ditambah pula daerah Tegal dan Banyumas sampai batas Kali Pamali dan Kali Serayu.

PENUTUP

A. Kesimpulan

- Banten Girang merupakan kerajaan Islam pertama di Banten, yang awalnya merupakan kerajaan Hindu Budha.

- Kerajaan tersebut merupakan kerajaan yang subur makmur sehingga dapat berhubungan dengan kerajaan di Jawa.

- Banten Girang banyak bukti-bukti penunggalan dan terdapat makam-makam, seperti Ki Mas Jong, Agus Jo, sehingga banyak peziarah yang berkunjung di situs Banten Girang.

DAFTAR PUSTAKA

Iskandar, Yosef dkk., 2001, Sejarah Banten I, Jakarta : Triyana Jam’un Corp

Lubis H., Nina, 2003, Banten dalam Perkumpulan Sejarah, Sultan, Ulama, Jawara, Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia

Juliadi, 2005, Ragam Pustaka Budaya, Serang : Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Nurhakim, Lukman, 1994, Banten Sebelum Zaman Islam, Paris : EFEO.

Hakim, Lukman, 2006, Banten dalam Perjalanan Jurnalistik, Pandeglang : Banten Heritage

2 komentar:

  1. Bagus ceritanya....lho u menambah wawsan sejarah sunda dan banten. Banten Girang itu dimana ya tepat nya ? di Serang kah atau Pandeglang ?

    BalasHapus

Kami menunggu partisipasi pemikiran anda.. silakan